23.11.08

tutorial blog

TUTORIAL WORDPRESS

Blog memang sekarang sangat populer. Karena kemudahannya, setiap orang bisa membuat sebuah blog dengan sangat cepat dan mudah. berbeda dengan membuat website, membuat blog tidak dibutuhkan skill programming. Kita juga bisa lebih mudah menyalurkan ide dan kreativitas kita, karena isi blog mudah diupdate setiap saat kita mau. Ayo jangan ketinggalan sama yang lain, buat blog sekarang juga…! Baca kelanjutannya ya…

Dalam tutorial membuat blog ini, akan dibahas tutorial blog di wordpress.com saja. WordPress adalah penyedia layanan blog gratis yang sangat populer (selain wordpress.com, ada blogger.com yang tidak kalah populer).
1. Proses Pendaftaran dan Setup
Pendaftaran. klik disini: http://id.wordpress.com klik pada tulisan “Sign Up Now” atau “Daftar”
Ikuti proses pendaftaran sampai selesai kemudian coba login dengan user name dan password Anda.
Yang perlu diperhatikan:
Judul blog Anda dan deskripsi blog Anda harus unik, jangan sampai Anda membiarkan bagian ini tidak diedit.
Isi email Anda yang aktif.
Pilih Bahasa Indonesia jika Anda mau menulis blog dalam bahasa Indonesia.
Kemudian Anda masuk ke Dashboard (dasbor)



Kembali ke Dashboard, menu bagian atas (berwarna biru muda) disebut menu utama, dan menu dibawahnya disebut sub menu. Menu Dashboard ini memiliki sub menu Dashboard, Blog Stats (statistik blog), Blog Surfer dan Tag Surfer (untuk mencari blog) dan My Comments. Untuk sementara biarkan apa adanya saja.

Pertama yang harus dibuka adalah menu Option (opsi) pastikan judul, tagline, language, dan email Anda benar. Perbolehkan orang mengirim komentar tanpa harus login ke wordpress.

Blog Language berbeda dengan Interface Language. Blog Language adalah bahasa Isi dari blog tersebut, misalnya isi blog Anda berbahasa Indonesia, maka pilihlah Blog Language Bahasa Indonesia (ada di menu Option atau Opsi).

Sedangkan Interface Language adalah bahasa yang digunakan dalam Control Panel ketika Anda login di WordPress.com. Saya lebih menyukai Interface Language Bahasa Inggris. (ada di menu User -> Your Profile, atau Pengguna -> Profil Anda).



Buka sub menu Discussion (diskusi). Hilangkan cek pada pilihan “user must have approved comment”. Ini berarti bahwa siapa saja boleh berkomentar dalam blog Anda meskipun belum pernah komentar sama sekali.
2. Ubah tema blog Anda, buka menu Presentation (tampilan)



Bagian ini biasanya paling lama dalam setup karena Anda akan menghadapi banyak pilihan. Setelah memilih tema, Anda bisa mengkonfigurasi widget:
Dalam sub menu Themes, Anda bisa memilih tema yang Anda sukai, mau satu kolom, dua kolom, atau model lain terserah Anda.
Anda bisa membuka sub menu Widgets, dalam sub menu ini, Anda bisa angkat junjung (drag & drop) Widgets. Widgets adalah fasilitas tambahan namun sangat penting untuk memperindah blog kita.
Anda bisa membuka sub menu Custom Image Header, jika Anda menginginkan mengganti gambar header dengan gambar yang spesial.

Proses registrasi dan setup selesai. Coba lihat blog Anda di alamat http://username_anda.wordpress.com

Anda sudah tidak sabar untuk mencoba mengisi blog Anda? Mari kita lanjutkan dengan menulis artikel / posting.
3. Menulis Posting - Buka menu Write (Tulis)



Ada dua buah sub menu:
Sub menu Write Post (Buat Tulisan) digunakan untuk menulis artikel di blog Anda. Ini yang paling sering Anda lakukan nantinya.
Sub menu Write Page (Buat Halaman) digunakan untuk membuat halaman statis (misalnya profil Anda).

Pada saat kita mengaktifkan sub menu Write Post maka akan muncul jendela mirip Microsoft Word, yaitu tempat kita mengetik artikel kita.



Perhatikan nomor-nomor gambar di atas:
Judul posting Anda ditempatkan di sini.
Anda bisa memilih mengedit secara visual atau code.
Aktifkan icon show advanced toolbar.
Isi tulisan Anda di sini.
Isi Tag Anda dengan kata kunci (keyword), bisa lebih dari satu.
Isi Category dengan kategori postingan Anda, bisa lebih dari satu. Misalnya: Design Grafis.
Untuk mengupload (mengunggah) gambar.
Aktifkan Allow Comment atau tidak terserah Anda.
Tekan Save & Continue Editing untuk menyimpan blog Anda.

Di bagian atas ada icon-icon kecil sebagai tool buat menulis. Yang paling sering digunakan adalah:
Bold (Control + B)
Italic (Control + I)
Membuat link, blok tulisan kemudian tekan (Alt + Shift A) atau Ctr + K
Memasukkan gambar (Alt + Shift + M).

Jika Anda ingin memasukkan gambar, maka upload dulu gambar Anda (ada pilihan Upload / Unggah di bagian bawah). Selah gambar di-upload, pilih gambar tadi, klik kanan mouse dan pilih menu Copy Shortcut, Copy Link Location, atau Copy Link Address, baru Anda tekan Alt + Shift + M diikuti Control + V untuk mengisi alamat Gambar.

Shortcut ini mungkin berbeda untuk tiap browser, Anda bisa meraba dengan mouse icon-icon ini untuk mengetahui shortcut apa yang sesuai dengan browser Anda.

Jika Anda sudah selesai menulis, tekan tombol Save & Continue Editing. Kemudian buka kembali blog Anda di http://username.wordpress.com

Sudah bagus? Jika ingin mengedit lagi, baca blog Anda sendiri, jika Anda masih login di wordpress, maka Anda dapat mengklik menu EDIT atau SUNTING untuk setiap artikel yang ada di blog Anda. Untuk mengedit atau menghapus tulisa, gunakan menu Manage -> Post/Page atau Kelola -> Tulisan/Halaman.



MEMBUAT DOMAIN DI WORDPRESS

Disini saya asumsikan semua sudah tahu apa itu WordPress, jadi kita hanya akan belajar langkah demi langkah, mulai dari menginstall CMS wordpress di hosting milik kita sendiri, baik yang gratisan maupun yang berbayar. Sebelum memiliki hosting, kita harus memiliki domain terlebih dahulu. Bagi yang suka gratisan, silahkan mendaftar domain di uni.cc atau di co.cc. Baca reviewnya di sini. Setelah memiliki domain, selanjutnya kita sediakan sebuah hosting. Ini berfungsi sebagai tempat menyimpan semua file yang kita miliki. Jadi, bagi anda yang belum memiliki hosting sendiri, silahkan mendaftar di sini, gratis.


Setelah domain dan hosting kita miliki, langkah selanjutnya adalah memasukkan semua file yang ingin kita pakai dalam blog kita. Karena kita ingin menggunakan CMS (content management system) Wordpress, maka kita harus mendownloadnya dari situs Wordpress. Anda bisa memilih yang terbaru, ataupun mendekati yang terbaru. Saya suka memilih yang versi terakhir yang mendekati versi terbaru, alasannya jika memilih yang terbaru, belum tau pasti kelemahan dan kekurangan. Sebagai contoh misal versi terbaru 2.3.2, maka saya akan memilih versi 2.1.3 atau 2.2.3.

Jika anda sudah mendownloadnya, sekarang kita masukkan file wordpress tersebut ke dalam hosting kita. Sebelumnya jika anda ingin menginstall file tersebut di alamat www.domainanda.com bukan di www.domainanda.com/blog, maka file wordpress yang telah di ZIP tersebut harus diextract dahulu di komputer anda. Lalu hasil dari extract tersebut kita ZIP lagi. Ini hanya untuk memudahkan dan mempercepat dalam proses penginstallan. Jika semua sudah anda lakukan, saatnya untuk memasukkan file tersebut kedalam hosting kita.

Sekarang buka cPanel dengan cara mengetikkan alamat: www.domainanda.com/cpanel atau www.domainanda.com:2082

Jadi misalkan domain saya www.jogjamap.com maka jika saya ingin masuk ke cpanel, saya mengetikkan www.jogjamap.com:2082

Setelah itu akan muncul jendela baru yang meminta kita untuk memasukkan user name dan password. Pastikan bahwa user name dan password anda benar.

Dan jika halaman cPanel sudah terbuka, klik dibagian File Manager. Saya lebih senang membukanya dengan klik kanan lalu open link in new tab pada firefox. Maka kita akan masuk kedalam public_html, jika anda tidak masuk dalam public_html, maka anda harus mengkliknya terlebih dahulu pada gambar icon public_html, bukan ditulisan public_htmlnya.

Upload file wordpress dengan mengklik Upload files, akan terbuka halaman baru, lalu cari file dikomputer anda, jika sudah klik upload.

Catatan: File wordpress harus dalam file ZIP bukan RAR. Karena kadang cpanel tidak bisa untuk mengextract file berekstensi *.rar

Jika file sudah terupload, klik nama filenya (bukan iconnya), maka disudut kanan atas akan muncul link-link pilihan, kita klik Extract File Contents, akan muncul jendela baru dengan tampilan semua file wordpress. Apabila tidak melihat file-file tersebut, maka berarti anda gagal dalam mengextract file wordpress tersebut.

Jika sudah terextract, kita tinggalkan sejenak file-file tersebut, sekarang saatnya membuat database di MySQL Databases. Cari MySQL Databases pada bagian database seperti pertama kali kita mencari File Manager. Klik MySQL Databases, akan terbuka halaman baru.

Create New Database
Buat database baru, misalnya “dataku” lalu klik Creat Database. Jika sudah, kita lanjutkan dengan membuat MySQL Users, masukkan username dan password yang anda inginkan, lalu Create User. Langkah selanjutnya adalah Add User To Database dengan mengklik submit, akan muncul jendela baru, beri tanda Cek pada ALL lalu submit. Proses pembuatan database telah selesai.

Kita kembali ke file pada public_html. Cari file dengan nama wp-config-sample.php, klik nama file tersebut, seperti biasa, dikanan atas akan muncul link pilihan, klik copy file, dan pindahkan ke folder lain untuk sementara, misalnya ke folder wp-content. Jika sudah, masuk ke folder wp-content dengan cara klik icon folder, bukan nama folder. Cari file wp-config-sample.php hasil copyan tadi, dan klik nama file tersebut. Pada bagian kanan atas, pada bagian link pilihan klik Rename File. Ganti nama file tersebut dengan nama wp-config.php. Jika sudah, klik nama file wp-config.php dan pindahkan ke bagian public_html dengan cara klik Move File.

Sekarang kita akan mengedit sedikit kode yang ada dalam file wp-config.php. Klik nama file tersebut yang berada dalam public_html, dan pada bagian sebelah kanan klik Edit File. Akan terbuka jendela baru yang memperlihat kode php.

Ganti pada bagian berikut ini dengan data-data yang sudah kita buat dalam MySQL Databases.

Contoh:

DB_NAME’, ‘jogja_dataku‘); // The name of the database
define(’DB_USER’, ‘jogja_user‘); // Your MySQL username
define(’DB_PASSWORD’, ‘passwordku‘); // …and password
define(’DB_HOST’, ‘localhost’);

Jika sudah anda rubah, dan pastikan bahwa itu sudah benar, lalu klik Save Changes.

Langkah persiapan untuk menginstall CMS WordPress sudah selesai.

Langkah Penginstallan
Membuka file Install.php dengan mengetikkan alamat url pada browser anda. Alamat domain saya www.jogjamap.com maka saya akan mengetikkan alamat urlnya: www.jogjamap.com/wp-admin/install.php lalu klik enter. Ikuti langkah-langkahnya dengan klik Next.
Apabila proses penginstallan berjalan sukses, maka anda akan mendapatkan password yang bisa kita gunakan sebagai login kedalam blog kita.
Contoh: Username: “admin” dan password: “p34c3“
Masuk ke blog anda dengan menggunakan username dan password tersebut. Setelah anda berhasil masuk ke blog anda, langkah pertama adalah merubah password tersebut dengan password baru yang mudah kita ingat.
Anda bisa merubah themes (tampilan design blog) dan menggunakan plugins untuk mempermudah dalam nge-blog.


















Membuat Blog Menggunakan Multiply
Banyak portal yang menyediakan layanan untuk menempatkan blog kita di internet.
Selain multiply ada blogspot, wordpress dan lainnya. Semua mempunyai keunggulan
tersendiri baik dari segi layanan penyimpanan maupun dari desain template/theme yang
tersedia. Saat ini kita mencoba membuat blog di multiply (www.multiply.com)

Mendaftar/Membuat akun di multiply
Untuk membuat akun, langsung saja kita ketikkan di addres bar, www.multiply.com akan
tampil seperti ini.
Klik pada join now
Akan tampil form untuk mengisi biodata, isilah form yang bertanda bintang berwarna orange. Data kita masukan bisa benar, bisa juga sembarang isi. Yang penting email yang kita pakai untuk mendaftar harus benar dan masih valid
”Pick Of Your Id” adalah id yang kita pakai untuk login sekaligus menjadi alamat URL dari blog yang kita tulis. Kita tinggal masukan id/nama sesuai yang kita mau. Akhiran .(dot)mutiply.(dot)com otomatis di
isikan. Misalnya kita membuat nama blog, lpmp maka otomatis user idnya adalah lpmp sedangkan alamat URL nya adalah www.lpmp.multiply.com
Isikan user id dengan nama atau sesuatu yang mudah dingat tapi tetap mencirikan pembuat blog tersebut dan yang yang lebih penting , belum di pakai orang lain. User ID kitapakai untuk login
kembali di blog kita. Selalu inget user id dan password.
Setelah semua sudah di isi klik pada register.
Setelah semua form yang kita isikan di anggap layak oleh multiply maka pendaftaran kita di terima dan kita bisa berlanjut ke langkah berikutnya yaitu memasukan contac atau daftar nama kenalan kita yang fungsinya akan memberitahuan mereka tentang blok yang baru kita buat. Masukan nama email dari teman-teman kita. Satu email satu baris. Jika ingin menambahkan contact tekan enter.

Chooose Relationship, mendefiniskan contacts yang tadi kita masukan sebagai apa bagi kita, bisa kia isikan friend(teman) atai bisa soudara atau terserah mau memilih yang mana dari pilihan yang di sediakan. Jangan lupa untuk memasukan salam atau pesan di dalam form pesan sehingga yang kita kirimi email bisa lebih paham
maksud kita.
Blog yang kita buat sudah jadi tinggal kita isi dan kita bentuk sesuka hati. Untuk memulai mensetting tampilan maupun akun kita, bisa klik pada link setting
Kita bisa merubah keterangan yang kita masukan pada saat mendafter, atau kita bisa murubah template/theme dari tampilan blog kita.

Merubah Akun
Jika kita ingin merubah data profile yang kita isikan pada saat mendaftar bisa dengan klik pada setting kemudia klik Link My Account. Rubahlah isi dari profile kita dengan langsung mengganti informasi yang akan kita ganti

Merubah Theme
Theme adalah tema tampilan secara keseluran, dengan merubah theme akan merubah tampilan secara keseluran. Untuk merubah theme klik link setting kemudian klik link my site, kemudian pilih Choose a Theme, akan masuk ke halaman untuk merubah template dari blog kita. Pilihlah template blog yang disukai kemudian klik pada nama templatenya. Halaman depan blog kita sudah jadi. Untuk merubah tulisan di about me, klik pada link abuout me.. Merubah Tampilan Blog
Untuk merubah tampilan blog caranya sama seperti merubah theme, link setting
kemudian klik link my site, kemudian pilih tampilan mana yang mau kita ubah, kita
tinggal pilih edit untuk merubah atau pilih hide untuk tidak menampilkannya.

Posting
Untuk menambah data atau posting klik pada menu/link post.
Posting Foto
Untuk memposting foto atau mengupload foto klik pada post kemudian pilih photo. Klik pada Choose Photo Browse file yang ingin kita upload ke blog, kita bisa memilih 5 foto kemudian di upload secara
bersamaan. Proses upload akan berlangsung tergantung dari kecepatan bandwitd Setelah selesai semua di upload, isikan title dari file foto yang kita uload kemudian isikan drescription setelah itu klik save & Publish. Setelah itu akan ada informasi bahwa file telah sukses di upload.
Posting Video
Sama seperti menposting foto, untuk mengupload video klik pada post kemudian pilih video. Setelah tampil form video upload klik pada upload, kemudian akan tampil browser form. Browser file kemudian pilih file video yang ingin di upload kemudian klik open setelah itu akan ada
proses upload Subjek berisi nama file yang di upload Description adalah keterangan dari video yang kita upload, bisa kita isi atau tidak. Cover Foto bisa kita masukan sebagai tumbnail dari video yang kita upload Tag, semacam kata kunci yang bisa menjadi shortcut ke video yang kita upload.

Memposting Tulisan (Blog)
Salah satu tujuan pembuatab blog adalah untuk menuangkan ide pemikiran kita, sehingga bisa di baca dan di komentari oleh orang lain. Utuk menulis artikel, klik post kemudian pilih blog. Kemudian isiskan title dengan judul artikel yang ingin kita tulis kemudian ketikan artikel di kolom artikel, kita bisa merubah bentuk tulisan sesuai dengan tombol pengaturan yang ada di atas seperti kalau kita menggunakan editor word. Setelah selesai klik Save & Publish Setiap kali kita selesai memposting akan tampil halaman post succesfull, dan kita


TUTORIAL BLOGGER

Pendahuluan
Tutorial pembuatan blog ini menggunakan blogspot(blogger) sebagai tempat pembuatannya.
Sebelum kita belajar membuat blog, kita harus mempunyai satu alamat e-mail yang masih aktif.
Karena kita membuat blog di blogspot, maka sebaiknya kita memiliki satu alamat e-mail di
gmail.
Cara Membuat E-Mail di GMAIL
1.Masuk ke www.gmail.com

2. Pilih Signup ke Gmail untuk mendaftar, kemudian isi formulir dengan lengkap

3. Jika sudah selesai mengisi formulir, silakan klik tombol “saya menerima, buat akunku”

4. Jika Muncul tampilan seperti di bawah ini, berarti anda sudah berhasil membuat e-mail

5. Untuk meyakinkan bahwa anda sudah membuat e-mail, klik link saya siap, tampilkan
account saya.

6. Silakan Sign Out kalau sudah selesai melihat e-mail

Cara Membuat Blog di Blogspot
Ada beberapa cara membuat blog di blogspot diantaranya dengan masuk ke www.blogspot.com
atau masuk melalui google(khusus bagi yang mempunyai alamat e-mail di gmail). Untuk
tutorial kali ini akan dimulai dari www.blogspot.com
1. Masuk ke www . blogspot.com

2. Klik tombol tombol “Ciptakan Blog Anda”, maka akan muncul tampilan berikut :

3. Isi formulir dengan benar

4. Jangan lupa isi tanda rumput pada “saya menerima persyaratan dan layanan”

5. Tekan Tombol Lanjutkan

6. Isi judul blog dan alamat blog

7. Untuk mengetahui apakah blog tersebut tersedia atau tidak, klik “cek ketersediaan”
8. Silakan Klik lanjutkan dan kemudian pilih salah satu template

9. Jika sudah keluar tampilan berikut, berarti anda sudah berhasil membuat blog

10. Selanjutnya silakan klik mulai blogging untuk mengatur blog anda.

0 Comment: